Review Kartu Grafis Gigabyte GV-R795WF3-3GD

Untuk kartu grafis kelas atas, AMD memiliki Radeon HD 7950 sebagai salah satu jagoannya. Seri kartu grafis yang digunakan pada Gigabyte GV-R795WF3-3GD ini memang memiliki spesifikasi yang tinggi dan kinerja yang tergolong tinggi di kelasnya.
Menurut PCplus, kartu grafis Gigabyte GV-R795WF3-3GD ini memiliki penampilan yang tergolong gagah dan keren. Ia memiliki ukuran yang panjang. Panjangnya sendiri hampir sama dengan lebar motherboard ATX standar pada umumnya. Di atas kartunya dipasang sebuah pendingin yang ukurannya sama panjang dengan kartunya. Pendingin ini juga cukup tebal sehingga akan membutuhkan satu slot tambahan. Sistem pendinginnya sendiri terdiri dari sebuah heatsink tebal berbahan aluminium yang memiliki kisi-kisi. Lalu di atasnya terdapat heatpipe berbahan tembaga yang juga terhubung langsung ke pusat dari akselerator. Sebagai pelengkap, sistem pendingin ini ditutup dengan tiga buah kipas. Tiga buah kipas ini berukuran cukup besar dan kecepatannya dapat diatur secara manual ataupun otomatis menyesuaikan dengan beban suhu kerja.

Dalam kondisi standar, AMD Radeon HD 7950 sebenarnya sudah memiliki kecepatan yang tergolong tinggi. Namun, pada kartu grafis Gigabyte ini, Gigabyte meningkatkan kecepatan akseleratornya dari nilai referensi 800MHz menjadi 900MHz. Namun kecepatan memori lokalnya tetap menggunakan spesifikasi referensi, yakni 2500MHz (efektif 5000MHz). Kartu grafis ini juga memiliki kapasitas memori lokal sebesar 3GB GDDR5 dengan lebar jalur 384bit.
Untuk kebutuhan dayanya, secara teoritis kartu grafis ini membutuhkan daya sekitar 200W. Jadi wajar bila ia memiliki dua buah port daya tambahan PCI-Express 6pin untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Kartu grafis ini memiliki pilihan keluaran yang tergolong lengkap. Di bagian belakangnya terdapat satu port DVI-I, satu port HDMI, serta dua port Mini Display Port sebagai pilihan keluarannya. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Eyefinity dan sejumlah fitur khas AMD lainnya.
Bicara soal kinerjanya, kartu grafis Gigabyte GVR795WF3-3GD ini termasuk baik untuk ukuran kartu grafis kelas atas. Ia bisa memberikan kinerja yang tinggi. Kartu grafis ini mampu menjalankan seluruh pengujian dengan baik dan lancar. Selain itu, walaupun kecepatannya telah dipatok lebih cepat dari referensi, Gigabyte GV-R795WF3-3GD ini ternyata masih bisa berjalan lebih cepat lagi. PCplus berhasil menaikkan kecepatannya menjadi 1000MHz pada akseleratornya dan 2800MHz (efektif 5600 MHz) pada memori lokalnya. Ini memberikan peningkatan kinerja sekitar 5,6% pada pengujian 3DMark Vantage 1.0.2 1920 x 1080 piksel.
Secara keseluruhan, Gigabyte GV-R795WF3-3GD ini merupakan kartu grafis kelas atas yang sangat menarik. Selain kinerjanya yang tergolong tinggi, sistem pendinginnya dengan heatsink besar, heatpipe, dan tiga buah kipas besar mampu memberikan kinerja yang optimal dalam membuang panas yang dihasilkan.

0 Response to "Review Kartu Grafis Gigabyte GV-R795WF3-3GD"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Thank's For Visiting, Don't Forget To Come Back !!! :)